Kandungan dan Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan

Kulit kentang mungkin bagi sebagian orang tidak ada gunanya, namun di beberapa negara sudah dilakukan penelitian bahwa manfaat kulit kentang sangat banyak, bahkan tidak kalah dengan kentang itu sendiri. Di negara kita, kentang bukanlah makanan pokok dan hanya dijadikan makanan camilan, padahal gizi kentang lebih baik dari pada nasi dan kandungan karbohidrat dalam kentang lebih kompleks.

Balik lagi ke masalah kulit kentang, beberapa negara Eropa dan negara barat lain, kentang dijadikan salah satu makanan pokok, dalam proses mengolahnya banyak yang tidak membuang kulit kentang terlebih dahulu, kulit kentang dikupas saat akan dimakan, bahkan ada juga yang mengkonsumsi kentang bersama kulitnya, dengan cara makan kentang seperti itu kita akan mendapatkan gizi yang lebih banyak dibandingkan jika mengupas kulit kentang, bahkan serat dalam kulit kentang juga bagus, tentunya dengan membersihkan kulit kentang terlebih dahulu hingga benar-benar bersih.

kentang
Foto: wikipedia

Kandungan dan Manfaat Kulit Kentang

Pada kulit kentang ada beberapa kandungan yang bermanfaat dan penting, apa saja kandungan yang terdapat dalam kentang dan kulitnya?

Berbagai macam vitamin

Tidak hanya buah yang banyak mengandung vitamin, namun pada kentang dan kulitnya juga terdapat kandungan vitamin.

Kulit kentang mengandung Vitamin C

Vitamin C biasanya banyak terdapat dalam buah yang rasanya asam, tapi ternyata dalam kulit kentang juga terdapat vitamin C yang jumlahnya lumayan banyak, satu kentang dengan ukuran yang besar dapat mencukupi setengah kebutuhan vitamin C harian anda.

Vitamin B6 pada kulit kentang

Jika daya tahan tubuh anda sedang menurun maka dengan mengkonsumsi kentang beserta kulitnya akan dapat memenuhi setengah kebutuhan vitamin B6 tubuh anda, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan, sehingga anda tidak mudah terkena penyakit.

Terdapat kandungan mineral yang diperlukan tubuh

Selain zat gizi tubuh kita juga memerlukan mineral agar vitamin dapat bekerja dengan baik yang nantinya digunakan untuk proses metabolisme tubuh dan daya tahan.

Mineral kalium

Kalium merupakan salah satu jenis mineral utama yang dibutuhkan tubuh, perlu diketahui mineral utama sendiri dibutukan tubuh lebih dari 100 mg setiap harinya dan didalam 1 butir kentang + kulit kurang lebih terdapat 1600 mg kalium sehingga kentang sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kalium yang setiap harinya tidak sampai 1000 mg.

Mineral mangan

Mangan sendiri termasuk dalam mineral minor, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh kurang dari 100 mg per hari. Ketika anda mengkonsumsi sebutir kentang beserta kulitnya kebutuhan 1/3 mineral mangan untuk tubuh anda telah terpenuhi, walaupun sedikit mangan berperan penting dalam proses metabolisme, yaitu untuk membantu memproses berbagai zat seperti protein, karbohidrat sehingga lebih mudah diserap tubuh, dan bahkan kolesterol.