9 Macam Jenis Kopi Terkenal yang Ada di Dunia

Jenis minuman kopi paling terkenal - Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal dan banyak sekali diminum oleh masyarakat hampir di seluruh dunia, itu juga dikarenakan kopi sudah dikenal sejak 1000 SM di benua Afrika dan menyebar ke seluruh dunia, hingga sekarang kopi sangat terkenal di Indonesia dan banyak jenisya.

Jika anda lihat sekarang, kopi sudah dibuat dengan berbagai macam campuran dan menghasilkan jenis minuman kopi yang mempunyai cita rasa nikmat dan banyak disukai orang, tidak seperti dahulu yang hanya campuran kopi dan air panas kemudian ditambah gula.

cappucino
Foto: wikipedia

Kopi Cappucino

Penduduk Italia sangat gemar meminum kopi Cappucino, untuk bahan pembuatnya cappucino dibuat dengan campuran susu matang, kopi espresso, dan juga yang membuatnya khas adalah busa susu, biasanya juga ditambah dengan taburan cokelat atau kayu manis diatasnya untuk menambah cita rasa. Kopi ini sudah menyebar hampir di seluruh dunia dan banyak juga dalam bentuk sachet agar lebih mudah dibuat.

Kopi Espresso

Espresso ini berasal dari negara yang terkenal dengan olahan kopinya yang nikmat yaitu Italia, teknik pembuatannya juga sudah modern menggunakan alat khusus yang disebut mesin brewing, cara kerjanya juga unik, yaitu dengan meletakkan kopi di dalam mesin ini kemudian akan diberi air dengan tekanan tinggi, hal ini menyebabkan rasanya menjadi unik, menurut penikmat kopi, rasanya pahit namun ada sedikit rasa manis dilidah walaupun tidak menggunakan gula, kopi ini sangat fleksibel dan dapat diolah sebagai campuran untuk membuat kopi jenis lain, tak heran kopi espresso menjadi kopi paling populer didunia.

Kopi Mochacinno

Mochacinno juga merupakan salah satu kopi favorit, pembuatannya menggunakan espresso dan dicampur dengan cokelat kemudian di ditambahkan susu panas yang ada sudah berbuih, juga sering ditambah Cream diatasnya.

Kopi Latte

Sebenarnya kopi latte ini ada versi Indonesianya yaitu kopi susu yang ada di Indonesia, karena bahan yang digunakan untuk membuat mirip, tetapi latte dibuat menggunakan kopi Espresso kemudian dicampur dengan susu cair yang masih panas, kadang juga ditambah dengan sirup vanilla.

Kopi Macchiato

Kopi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kopi latte, namun yang membedakan dengan kopi latte adalah setelah diberi susu tidak diaduk, dan hanya menggunakan sedikit susu, proses pembuatan juga harus teliti mencampur susu, karena takaran harus pas supaya kopi tetap nikmat diminum.

Kopi Americano

Sama dengan kopi espresso, hanya saja menggunakan air yang lebih banyak agar rasanya tidak terlalu pahit dan kadar kafein tidak terlalu tinggi, karena ada orang yang ingin minum kopi namun tidak terlalu suka dengan kafein tinggi.

Kopi Long Black

Hampir sama dengan kopi American, hanya saja saat mencampur espresso dengan air menggunakan air yang sudah panas, dan biji kopi halus yang digunakan menggunakan biji kopi arabica. Kopi Jenis ini sangat disukai di Australia.

Kopi Flat White

Sama dengan kopi latte namun kopi yang digunakan berasal dari New Zeland dan Australia.

Kopi Frappucino

Frappucino merupakan salah satu kopi yang unik, karena dalam pembuatannya menggunakan semacam milkshake yang disebut Frappe dan kemudian diblender menggunakan es batu sehingga ini termasuk kopi dingin yang nikmat.