Jenis Kopi Indonesia Berdasarkan Daerah Tempat Tanamnya

Jenis Kopi Indonesia Berdasarkan Daerah Tempat TanamnyaDi Indonesia kopi mulai dibudidayakan sekitar tahun 1696, dan sejak saat itu kopi mulai dikenal dan menyebar hampir diseluruh wilayah indonesia, di Indonesia sendiri ada 2 macam jenis kopi yang terkenal, yaitu Kopi Arabika dan Kopi Robusta, menurut pecinta kopi jenis Arabika adalah kopi yang terbaik dari rasa dan kandungannya.

Apakah kalian tahu jika kopi-kopi ini ditanam pada daerah yang berbeda di Indonesia maka akan mempunyai rasa dan aroma yang berbeda dan khas pada setiap daerah.

kopi hitam, black coffee
Foto: wikipedia

Macam Kopi Indonesia Berdasarkan Daerah Tempat Tanamnya

Jenis Kopi Lampung

Kopi jenis ini termasuk kopi hitam atau black koffee dan memang banyak diminati oleh masyarakat indonesia khususnya orang dewasa, karena rasa kopi pahit dan kadungan kaffeinya cukup tinggi, maka dari itu jangan banyak-banyak mengkonsumsi kopi ini jika tidak ingin tidur anda terganggu karena sulit tidur, cocok untuk anda yang sedang ingin begadang atau memang penikmat kopi pahit atau kopi hitam. Kopi lampung ini menggunakan biji kopi arabika.

Jenis kopi Aceh

Di Aceh masyarakatnya sangat gemar sekali mengkonsumsi kopi, maka dari itu warung-warung kopi banyak sekali bertebaran disana, jika anda berkunjung ke aceh, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi yang namanya kopi khas daerah aceh sana. Cara membuatnya juga khas, biasanya kita membuat kopi dengan terlebih dahulu memasukkan kopi kedalam gelas, lalu menuang air panas, namun disana sedikit berbeda, di aceh proses membuat kopi adalah dengan merebus bubuk kopi, setelah itu baru disajikan, jika ingin bisa menambahkan susu atau pilih yang orisinal atau biasa disebut dengan kopi sanger.

Jenis kopi Toraja

Kopi toraja ada 2 jenis yaitu yang menggunakan jenis kopi arabika atau kopi robusta, tetapi yang menarik, kopi toraja ini kandungan asamnya rendah, dan rasa pahitnya cepat hilang. Entah apa yang menyebabkan hal itu, tetapi kemungkinan karena proses memetik biji kopi menggunakan cara khusus.

Jenis kopi Manggar

Kopi disana sebenarnya berasal dari lampung denga jenis robusta, namun ada yang berbeda dari minuman kopi disana, dari aroma dan rasanya, hal ini dikarenakan proses membuat atau menyeduhnya menggunakan teknik yang sudah ada dari jaman dahulu, yaitu kopi direbus setelah itu disaring hingga 2 kali, saringannya juga unik, yaitu menggunakan kain yang berbahan kaus, sehingga aroma kopi menjadi tidak pekat dan kandungan asamnya juga berkurang.

Jenis kopi Kintamani

Kintamani terdapat di pulau bali, dan disana termasuk wilayah pegunungan, proses budidaya kopi disana menggunakan sistem pengairan tertentu yang disebut subak, sehingga mendapatkan aroma kopi khas, yaitu lembut dan sedikit aroma manis.

Jenis kopi Wamena

Wamena sendiri terletak di bagian Indonesia timur yang terdapat banyak pegunungan, membuat kopi wamena memiliki ciri khas karena ditanam pada ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut, aroma kopinya sangat kuat, tetapi rasa dari kopi ini sangat nikmat, dan juga kopi ini ringan sehingga sehingga orang yang meminumnya lebih santai.

Jenis kopi Flores

Kopi yang ditanam di Flores adalah jenis kopi arabika yang mempunyai bentuk biji yang besar, kandungan asamnya juga tinggi, dan sedikit berat, aromanya juga ada sedikit aroma coklat. Anda dapat mencicipi kopi ini jika berkunjung ke kabupaten Ngada di Nusa Tenggara Timur.

Kita harusnya bangga dengan negara ini yang memiliki banyak sekali pulau, sehingga mempunyai berbagai macam jenis kopi di berbagai daerah yang memiliki ciri khasnya sendiri.