15 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah anda sering jalan kaki? Ya, tanpa sadar saat anda jalan kaki tersebut anda telah berolahraga lho. Jalan kaki memang salah satu olah raga yang santai, tidak berat, dan dapat sembari menikmati pemandangan kiri kanan, tak perlu mencari lokasi yang jauh dari rumah, cukup disekitar rumah anda berjalan-jalan, misalnya kerumah tetangga, atau sekedar mengajak anak untuk jalan-jalan, ini sudah dapat dikatakan olahraga.

jalan kaki
Foto: pixabay.com

15 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk lebih mengetahui manfaat jalan kaki, simak ulasan dibawah.

Mencegah penyakit diabetes

Dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki tersebut dapat menghindarkan anda dari penjakit diabetes tipe 2. Dengan berjalan kali sekitar 2,5 jam setiap minggu dapat menurunkan resiko diabetes hingga 58 persen, dan dapat menurunkan sekitar 7 persen berat badan anda atau sekitar 7 kg cocok untuk anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Sama halnya dengan berlari, jalan kaki juga dapat menjaga kesehatan jantung, karena saat anda berjalan kaki, jantung dapat bekerja dengan baik, sehingga dapat menguatkan otot jantung. Jika anda sudah berumur dan kesulitan untuk berlari, cukup jalan kaki setiap hari, ini akan membuat anda tetap sehat dan bugar.

Dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Jika anda penderita tekanan darah tinggi, anda dapat melakukan jalan kaki setiap hari secara rutin, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan stabil sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Mencegah kanker

Penyakit kanker memang adalah salah satu penyakit yang mengerikan, namun dengan berjalan kaki anda dapat mengurangi resiko terkena kanker, menurut beberapa penelitian, seorang wanita yang rutin berjalan kaki setiap hari sekitar 1-2 jam per minggu dapat mengurangi resiko terkena kanker hingga 18 persen.

Dapat mengurangi stres

Jika anda stres dengan pekerjaan atau masalah lain, anda dapat melakukan olahraga jalan kaki, karena saat berjalan kaki tubuh akan menghasilkan hormon endorphin, hormon ini dapat membuat anda tenang dan senang sehingga stres yang anda alami dapat berkurang.

Mengurangi gejala depresi

Sama halnya dengan stres, depresi juga dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki sekitar 30 menit sehari, anda dapat melakukan 3-5 kali dalam seminggu dan lihat hasilnya sesudah 12 minggu, ini akan mengurangi gejala depresi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan bejalan kaki, sistem kekebalan tubuh dapat terjaga, sehingga anda dapat terhidar dari serangan penyakit seperti flu, atau batuk.

Dapat membuat awet muda

Sel-sel tubuh yang rusak dapat cepat ber regenerasi menjadi sel baru saat anda berolahraga, maka dari itu akan menyebabkan kulit anda akan tetap kencang dan halus. Olahraga ringan yang dapat anda lakukan salah satunya adalah jalan kali, cukup mudah bukan?

Menurunkan berat badan

Berat badan anda berlebih? Salah satu tips untuk menurunkan berat badan dengan mudah yaitu berjalan kaki, anda tidak perlu mengeluarkan enegi ekstra, cukup rutin saja setiap hari, maka berat badan anda akan berkurang.

Dapat menjaga persaudaraan

Ajaklah teman atau tetangga anda berjalan kaki sambil berbincang-bincang sehingga tali persaudaraan akan tetap terjaga, saat anda berjalan kaki juga akan bertemu dengan orang lain, sapalah mereka.

Bagus untuk otak

Otak akan lebih mudah berfikir jika anda berjalan kaki secara rutin, ada penelitian yang menyebutkan bahwa bejalan kaki 1,5 jam perminggu akan meningkatkan daya berfikir sekitar 40 persen dibandingkan seseorang yang hanya berjalan kaki 40 menit per minggu.

Menjaga kesehatan tulang

Wanita menopause yang berjalan sekitar 1 mil setiap hari mempunyai kepadatan tulang lebih baik dari pada wanita yang malas berjalan kaki, lihat saja nenek-nenek yang sering berjalan kaki ke pasar mereka masih kuat mengangkat barang bawaan yang lumayan berat, ini dikarenakan mereka sering berjalan kaki.

Meninggkatkan proses metabolisme

Metabolisme tubuh yang meningkat dapat membakar kalori lebih baik sehingga akan menjaga kesehatan tubuh, dan juga dapat menurunkan berat badan.

Menjaga selera makan

Selera makan yang tinggi tidak hanya akan membuat berat badan anda meningkat, namun juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya jika tidak mengatur pola makan, dengan berjalan kali, anda akan dapat mengatur selera makan, sehingga anda dapat mengontrol berat badan anda.

Mencegah penyakit impotensi

Rutin berjalan kaki akan mencegah anda dari resiko terkena impotensi, karena proses peredaran darah menjadi lancar dan tetap baik sehingga akan mencegah terjadinya impotensi.