Cara Menguji Makanan Mengandung Karbohidrat atau Amilum

Cara Menguji Makanan Mengandung Karbohidrat atau Amilum - Untuk mengetahui makanan yang mengandung karbohidrar atau amilum sebenarnya sangat mudah namun semua terasa sulit jika belum tau caranya, Baiklah Kesehatan55 akan memberikan sedikit cara menguji makanan yang mengandung karbohidrat atau amilum :
Unsur atom
Pada percobaan kali ini kita menggunakan nasi putih sebagai bahan pokok yang akan kita gunakan untuk mengetes dan menguki kandungan karbohidrat yang terkandung didalamnya, penting bagi kita untuk mengetahui kandungan karbohidrat yang terkandung dalam makanan khususnya pada nasi, pada saat SMA pasti pernah pendapat tugas untuk mengetes kandungan karbohidrat dalam bahan makanan, dan disini akan kita bahas untuk memudahkan memahaminya.

Pertama, siapkan bahan disini kita menggunakan nasi putih, kemudian alat yang kita perlikan yaitu pipet, sendok untuk menghaluskan nasi dan yang lain, dan cawan. Kita juga memerlukan cairan lugol yang berfungsu untuk mengetes kandungan amilum.


Cara Menguji Kandungan Karbohidrat

Haluskan bahan makanan (nasi putih) pada cawan yang telah kita siapkan sebelumnya dan ingat-ingat warna awalnya untuk membandingkan perubahan warna nantinya. Teteskan cairan lugol pada bahan makanan yang telah hancur tadi, kemudian perhatikan perbedaan warna yang terjadi, jika warna berubah menjadi ungu, hitam, atau biru berarti bahan makanan tersebut mengandung amilum atau karbohidrat.

Contoh bahan makanan yang tidak mengandung karbohidrat yaitu telur, daging, tahu dan lain-lain, karena bahan makanan tersebut saat ditetesi lugol tidak berubah warna menjadi seperti warna yang disebutkan diatas, bahan makanan tersebut lebih banyak mengandung protein daripada karbohidrat atau amilum.

Sedangkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat banyak sekali contohnya seperti nasi, ubi, singkong, mie, roti tawar dan lain-lain karena akan berubah warna jika ditetesi lugol.

Tips mengkonsumsi makanan yang seimbang

Kita perlu mengkonsumsi makanan yang seimbang, tidak boleh makan makanan yang hanya mengandung karbohidrat saja atau protein saja, karena tubuh kita memerukan banyak zat yang bermacam-macam jenisnya, untuk itu kita perlu memperhatikan 4 sehat 5 sempurna dalam mengkonsumsi makanan agar badan kita tetap sehat dan bugar.

Demikian Cara Menguji Makanan Mengandung Karbohidrat atau Amilum semoga bermanfaat.