Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecahBibir kering bukanlah suatu penyakit namun jika ini terjadi pada anda maka akan mempengaruhi kepercayaan diri, apalagi sampai pecah-pecah, dapat membuat kepercayaan diri anda menjadi berkurang khususnya bagi anda yang bekerja dan banyak bertemu dengan client atau pelanggan, tidak mau kan jika pelanggan atau client anda kabur gara-gara bibir pecah-pecah?

Penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah umumnya disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh dan jika bibir sudah menjadi terlalu kering akan terkelupas, nah inilah yang disebut dengan bibir pecah-pecah, untuk mengatasi hal tersebut ada berbagai macam cara, namun saya lebih menyukai cara-cara alami untuk mengatasi bibir kering, karena lebih aman dan dapat mengurangi timbulnya efek samping yang berbahaya.
bibir
Foto: wikipedia

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Perbanyak minum air putih

Air putih dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, kita sebenarnya memerlukan sekitar 8 – 10 gelas air putih setiap harinya, air puth sendiri lebih baik dari pada kopi atau teh, karena kedua minuman tersebut dapat memicu kita untuk buang air kecil sehingga banyak cairan dalam tubuh yang terbuang.

Buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin

Didalam buah banyak terkandung vitamin yang dibutuhkan, ini lebih baik daripada mengkonsumsi vitamin yang sudah kemasan tablet, karena lebih alami tanpa tambahan bahan pengawet, vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan bibir serta kulit adalah vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dapat ditemukan pada hampir semua buah contohnya seperti jeruk, apel, mangga dan lain-lain. Untuk vitamin E anda dapat menemukannya dalam biji-bijian seperti biji bunga matahari.

Jika bibir pecah-pecah jangan dikelupas

Mengelupas bibir yang pecah-pecah dengan paksa dapat menyebabkan iritasi karena bibir menjadi luka dan dapat juga timbul sariawan pada bibir, dan yang paling menyebalkan dapat membuat bibir kita menjadi belang-belang karena bekas luka tersebut.

Oleskan madu atau minyak kelapa

Tak dipungkiri, khasiat madu memang berlimpah, salah satunya dapat membuat bibir kita menjadi lembut dan lembab, anda dapat mengoleskan madu ke bibir saat sebelum tidur tetapi tipis saja atau jika tidak ada madu anda dapat menggantinya dengan minyak kelapa. Selain dioleskan pada bibir anda dapat mengkonsumi madu sebanyak 3 sendok teh setiap harinya, selain dapat membuat bibir menjadi lembab juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Gosok bibir seusai sikat gigi

Setelah sikat gigi anda dapat menggosok bibir anda dengan jari secara lembut untuk menggilanggak sel kulit mati yang ada dibibir agar lebih bersih dan agar sel kulit mati ini tidak mengering nantinya.