Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

puasa
Photo: flickr

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat saat berpuasa

Tubuh kita adalah salah satu yang seharusnya dijaga dengan baik kesehatannya, karena segala sesuatu yang kita lakukan pasti berkaitan dengan salah satu anggota tubuh kita, mulai dari bekerja, makan, jalan, menulis dan lain sebagainya. Kali ini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat ketika sedang berpuasa.

Puasa sebenarnya dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, karena sistem pencernaan yang kita miliki beristirahat sejenak ketika berpuasa, tetapi jangan lantas seenaknya saja dengan tidak memperhatikan kesehatan tubuh, karena pada saat sedang berpuasa kita tidak makan dan minum selama hampir 12 jam, jika tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik puasa kita bisa saja batal atau malah tubuh kita menjadi tidak sehat.

Cukupi asupan gizi saat malam
Jika kita berpuasa pola makan otomatis berubah, dari yang tadinya siang dan malam menjadi malam saja, ketika malam hari usahakan tubuh tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga keesokan harinya dapat menjalankan puasa dengan lancar, usahakan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Menjaga pola tidur
Pola tidur juga harus dijaga, karena pagi-pagi kita harus bangun untuk sahur, maka kita sebaiknya menjaga pola tidur kita. Waktu tidur yang terpotong saat pagi hari sebaiknya diganti saat siang hari sekitar jam 1-4 sore, jangan diwaktu pagi hari, tidur sehabis sahur tidak baik, alangkah baiknya diganti saat siang hari.

Olah raga yang tidak berat
Walaupun sedang perpuasa kita juga harus tetap berolahraga dengan teratur agar tubuh tetap bugar, jika saat tidak berpuasa kita dapat olahraga saat pagi hari, kini dapat diganti pada sore hari menjelang berbuka puasa, karena cairan yang terkuras saat olah raga dapat langsung terpenuhi ketika berbuka puasa. Olahraganya pun jagan yang terlalu berat, usahakan yang ringan-ringan saja seperti jalan-jalan sore.

Perbanyak buah dan sayuran
Buah dan sayur sangat baik utuk sistem pencernaan, karena mengandung serat tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang cara menjaga tubuh agar tetap sehat saat berpuasa, semoga artikel ini dapat bermanfaat.