Cara Mudah Mencegah Banjir yang Datang Setiap Tahun

banjir
Photo: wikipedia

Cara mudah mencegah banjir yang datang setiap tahun

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering sekali terjadi di Indonesia jika musim hujan tiba, jika difikirkan seperti musibah tahunan saja, sebenarnya apa yang menyebabkan banjir ini selalu datang setiap tahun? Dan bagaimanakah kita sebaiknya mencegah banjir ini agar tidak terjadi lagi?

Pertanyaan diatas sering sekali saya dengar di berita, yang lebih miris, masyarakat selalu saja menyalahkan pemerintah, memang tidak salah juga sih, sudah seharusnya pemerintah bertindak tegas dalam masalah banjir ini, namun, masyarakat juga harus ikut mendukung dan bertindak juga, agar banjir ini dapat teratasi.

Buanglah sampah pada tempat yang seharusnya

Masalah sampah ini yang menjadi maslah pokok yang harus di perbaiki, masyarakat harus sadar, jangan ngeyel dengan membuang sampah ke sungai atau sembarangan, sebenarnya mereka sudah mengerti akibatnya, tetapi kenapa masih dilakukan? Cobalah berfikir sebelum membuang sampah, kemana sampah yang saya buang ini akan berakhir? Apakah dapat menyebabkan banjir? Renungkanlah.

Tata kota harus baik

Ini buat pemerintah yang mengatur tata kota, coba kalian perhatikan negara-negara maju, disana tata kota sangat teratur, irigasi lancar, itu saja masih dapat terjadi banjir, apalagi tata kota yang buruk.

Rawat hutan dengan baik

Hutan adalah salah satu pagar alami untuk mencegah banjir, akar-akarnya dapat menahan dan menyimpan air agar tidak langsug mengalir kesungai, selain dapat menjaga dari banjir hutan juga masih mempunyai banyak sekali manfaat yang tak terduga. Coba lihat sekarang didaerah puncak, sekarang sudah penuh dengan villa dan perumahan, jumlah hutan menurun drastis dan telah dialih fungsikan.

Mulai dari diri sendiri

Tips diatas tidak akan berbuah hasil jika tidak ada yang bertindak, jangan menunggu yang lain bertindak baru anda ikut, mulailah dari diri anda sendiri, kalau sudah baru ajak yang lain, negara ini perlu tindakan nyata, bukan hanya angan-angan. Sudah banyak dan sering sekali kejadian banjir ini terjadi, khususnya didaerah jakarta yang penduduknya sangat padat.