Makanan dan Kue Kering yang Wajib Ada untuk Lebaran

kue kering
Photo: wikipedia

Makanan dan kue yang wajib ada untuk lebaran

Kalau ngomongin soal lebaran pasti yang terlintas adalah aneka makanan dan kue kering nikmat ala lebaran. Kalau saat menjelang lebaran pasti para ibu-ibu sudah sibuk untuk mempersiapkan hidangan apa yang harus disiapkan. Nah, agar tidak bingung dan pusing memikirkan hidangan apa yang akan dibuat, saya sudah merangkum beberapa diantaranya:

Kue kering nastar
Kue kering nastar ini hampir pasti ada disetiap lebaran tiba, bentuknya simpel hampir bulat, kulit luarnya renyah dan lembut, didalamnya terdapat isian yang beraneka ragam tetapi lebih sering diisi dengan selai nanas, dan diatasnya juga sering ditambah parutan keju agar lebih nikmat.

Kue kering putri salju
Waw dari namanya saja sudah keren, nah sesuai namanya, kue ini dilapisi dengan gula halus yang seperti salju, didalamnya adalah kue kering yang hampir mirip dengan nastar, tetapi tidak menggunakan isian

Kue kering kastengel
Namanya aneh ya? Kue ini mirip dengan kue putri salju tetapi tidak menggunakan gula halus sebagai taburannya, tetapi menggunakan parutan keju diatasnya dan bentuknya memanjang.

Opor ayam
Makanan ini juga sering dihidangkan, karena lebih nikmat disantap sebagai hidangan berat bersama keluarga tercinta, dengan menggunakan kuah yang banyak menjadikannya hidangan yang segar, biasanya dihidangkan bersama ketupat atau lontong.

Kerupat sayur (lontong sayur)
Walau namanya menggunakan kata sayur tetapi sebenarnya lebih sering menggunakan opor sebagai lauknya, dibeberapa daerah menggunakan nangka muda sebagai sayurnya yang sering disebut sayur nangka.

Nah, sekarang sudah tidak bingung kan mau membuat kue apa saat lebaran? Dengan makanan dan kue yang wajib ada saat lebaran itu akan membuat kerabat atau tetangga yang datang menjadi senang dan dapat saling memaafkan.