Tips dan Cara Agar Rambut Tetap Sehat dan Indah

potong rambut, perawatan rambut
Photo: openclipart

Tips dan Cara Agar Rambut Tetap Sehat dan Indah

Rambut adalah salah satu bagian yang sangat diperhatikan kesehatannya, apalagi bagi seorang wanita, rambut ibarat mahkota yang harus selalu dijaga. Apa jadinya jika rambut kita berketombe atau banyak yang rontok? Ini dapat membuat kepercayaan diri menurun, apalagi bagi seorang public figure yang selalu diperhatikan banyak orang. Maka dari itu kesehatannya perlu dijaga dengan baik.

Cari sampo yang cocok

Jika kulit kepala anda berketombe sebaiknya menggunakan sampo yang khusus anti ketombe juga, karena ada beberapa kulit kepala yang berketombe malah menjadi gatal atau berminyak jika memakai sampo yang bukan anti ketombe.

Jangan terlalu sering catok

Catok lebih sering dilakukan oleh para wanita, yang bertujuan agar rambut menjadi lurus, tetapi catok sebenarnya dapat merusak rambut jika terlalu sering dan kurang perawatan, karena sebenarnya rambut dipanaskan dan dipaksa untuk lurus, jika hal ini sering dilakukan maka akan menyebabkan rambut menjadi rapuh, mudah patah, bercabang, hingga kusam, karena nutrisi yang seharusnya ada menjadi rusak karena terkena panas yang timbul dari catok. Maka dari itu jangan sering-sering ya, seperlunya saja.

Beri vitamin rambut

Vitamin rambut sekarang sudah banyak jenisnya dan beraneka ragam, pilihlah yang sudah terpercaya, gunakan sehabis keramas atau setelah catok agar rambut tetap sehat dan indah.

Segera keringkan rambut

Sehabis mandi sebaiknya rambut langsung segera dikeringkan karena jika tidak akan menyebabkan berkembang biaknya jamur dan ketombe, terlebih lagi yang mempunyai rambut panjang, harus ekstra sabar untuk mengeringkannya. Pengeringan lebih baik menggunakan kipas angin dari pada menggunakan hairdryer, walaupun lebih lama tetapi hasil yang didapatkan lebih baik.

Lidah buaya nutrisi alami rambut

Sudah tidak asing lagi kan dengan lidah buaya? Tanaman yang satu ini sangat terkenal untuk menyuburkan rambut dan membuatnya tetap sehat, orang-orang dulu sudah dipakai sebagai alternatif perawatan rambut yang sehat dan alami. Cara menggunakannya juga cukup mudah tinggal ambil daging lidah buaya kemudian hancurkan dan dioleskan pada rambut sambil dipijat, hampir seperti kita memakai sampo, tunggu beberapa menit dan bilas.

Sekarang jadi semakin paham kan cara-cara agar rambut tetap sehat dan indah? Rambut adalah aset yang berharga, jadi rawatlah dengan baik.