Jangan Paksakan Minum 8 Gelas per Hari

Jangan Paksakan Minum 8 Gelas per Hari - Menurut beberapa orang minum 8 gelas per hari adalah ajuran, namun banyak orang yang salah menafsirkan, sebenarnya ada beberapa kondisi anda harus minum lebih dari 8 gelas atau bahkan kurang dari 8 gelas dalam sehari, kondisi tersebut antara lain dipengaruhi oleh berat badan, usia, aktifitas, kondisi tubuh dan lingkungan.

Jangan Paksakan Minum 8 Gelas per Hari
Photo: pixabay.com

Konsumsi air putih berdasarkan berat badan

Seseorang yang mempunyai berat badan yang lebih berat daripada orang lain rata-rata memerlukan asupan cairan yang lebih pula, dikarenakan organ-organ tubuh yang ada lebih besar dan itu memerlukan cairan yang banyak. Dalam beberapa penelitian, konsumsi air putih kira-kira sekitar 25-35 ml per kg berat tubuh, jadi jika berat anda sekitar 50kg maka konsumsi air putih dalan sehari berkisar 1,25 – 1,75 L dalam sehari, ini belum dilihat dari faktor lainnya.

Konsumsi air putih berdasarkan usia

Usia juga mempengaruhi konsumsi air putih, anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda jumlah air yang diminum, dan begitu pula dengan orang yang sudah lanjut usia, konsumsi air putih pada orang dewasa biasanya lebih banyak, dikarenakan aktifitas yang lebih berat saat bekerja.

Konsumsi air putih berdasarkan aktifitas

Aktifitas yang berat seperti kerja lapangan, atlet, atau orang yang banyak bersantai tentu beda kebutuhan cairannya, seseorang yang kerja lapangan dan atlet lebih banyak membutuhkan cairan karena tubuh bekerja lebih berat.

Konsumsi air putih berdasarkan kondisi tubuh

Orang yang sakit, dan orang yang sehat juga berbeda konsumsi air dalam sehari, jika anda sakit konsumsi cairan dapat ditentukan berdasarkan penyakit anda, sebaiknya tanyakan pada dokter agar lebih jelas.

Konsumsi air putih berdasarkan lingkungan

Terakhir adalah berdasarkan lingkungan tempat anda tinggal atau beraktifitas, jika tempat tinggal anda berada di daerah yang panas cairan yang dibutuhkan sangat besar, karena kulit sering berkeringat untuk menurunkan suhu tubuh agar tetap normal, lain halnya jika bertempat tinggal didaerah dingin atau bersalju kulit tidak begitu sering berkeringat, tempat keja yang ber AC juga dapat mempengaruhi.