Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat - Manusia akan terjangkit flu atau hidung tersumbat minimal 3-4 kali dalam 1 tahun. Nah, pastinya anda semua tidak ingin kan berlama-lama terkena flu atau hidung mampet? kali ini kesehatan55 akan memberikan sedikit tips alami mengatasi hidung tersumbat. Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat :

1.Berkumur Dengan Garam
Siapkan air hangat secukupnya atau 1 gelas dan beri garam setengah sendok teh dan aduk, air hangat dan garam ini bukan untuk di minum melainkan untuk berkumur supaya tenggorokan yang kering terlembabi, biasanya orang yang tenggorokannya kering maka flu juga akan datang. Hal ini dilakukan agar tenggorokan terlembabi dan memberi sedikit efek agar mengurangi hidung tersumbat atau flu.

2.Gunakan Balsem atau Sejenisnya
Balsem atau obat gosok lainnya berguna untuk mengentengkan hidung yang tersumbat. Oleskan obat gosok tersebut dibawah hidung anda jangan di oles di hidung anda tapi di bawah hidung anda, karena kalau di oleskan di hidung akan menyebabkan iritasi disebabkan kulit rongga hidung yang sangat tipis.

3.Posisi Kepala Saat Tidur
Tinggikan posisi kepala anda saat tidur dengan memakai bantal yang tinggi, Hal ini dilakukan untuk memperlancar aliran udara di hidung pada saat tidur. dan efeknya pasti ada.

4.Minum Jeruk Hangat
Minuman jeruk hangat ini sangat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat apalagi ditambah madu, karena minuman jeruk hangat ini membantu kekebalan tubuh anda, baik diminum setiap hari.

5.Teh Herbal
Teh herbal adalah minuman yang paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat, uap yang dilepasakan dari tumbuh-tumbuhan akan menenangkan iritasi di saluran hidung.

6.Makanan Pedas
Menkonsumsi makanan pedas salah satu cara alternatif untuk melgakan hidung yanga tersumbat. Rasa pedas dari makanan pedas akan membuat lendir mengalir dengan sendirinya.

Nah, bagi anda yang belum tahu cara mengatasi hidung tersumbat semoga dengan artikel ini anda jadi lebih tahu. Baca ini juga Macam-macam Penyakit Kulit.