Khasiat Zinc Untuk Daya Tahan Tubuh dan Imunitas

Zink

Apakah anda sering terkena diare? Mungkin itu dikarenakan daya tahan tubuh anda sedang tidak baik atau sedang melemah, untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung seng atau Zinc. Suplemen ini mempunyai dampak positif yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan bakteri penyebab diare. Sementara itu, penelitian klinis terbaru yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa suplemen yang mengandung mineral zinc sangat efektif meningkatkan daya tahan tubuh saat terjadi perubahan cuaca atau suhu dan dapat mempercepat penyembuhan penyakit TBC (tuberccolosis).

Dilansir dalam jurnal Annals of Tropical Paediatrics dengan beberapa penelitian uji coba terhadap pasien yang menderita penyakit TBC, pasien tersebut diberi suplemen zinc secara teratur dan kemudian dilihat perkembangannya, ternyata pasien yang diberi suplemen zinc lebih cepat sembuh, yang ditandai dengan berkurangnya bakteri tuberkuli pada dahak pasien. Unsur seng atau zinc ternyata mempu merangsang produksi interkulen 2 yang dapat meningkatkan produksi imun pada penderita TBC, dan penelitian ini didukung oleh Dr Elvina Karyadi dari Universitas Indonesia yang menemukan jika suplemen zinc dikombinasikan dengan vitamin A dapan membunuh bakteri tuberkuli dan meningkatkan status gizi pasien. Seseorang yang menderita luka juga lebih cepat sembuh ketika kadar zinc dalam tubuhnya tercukupi.

Sebenarnya mineral zinc tidak hanya dapat ditemukan pada suplemen buatan pabrik tapi dapat juga ditemukan pada bahan makanan alami seperti bahan nabati dan daging, bahan makanan yang banyak mengandung zinc salah satunya adalah tiram tetapi dalam kehidupan sehari-hari seseorang juga jarang mengkonsumsi tiram karena harganya yang mahal, maka salah satunya dapat ditemukan pada daging dan unggas, selain itu juga dapat ditemukan pada susu, bahkan biji-bijian tetapi paling baik terdapat pada bahan makanan hewani karena mudah diserap tubuh.

Zinc sendiri berfungsi sebagai kofaktor yang dibutuhkan oleh enzim lain agar dapat berfungsi dengan baik, tanpanya enzim-enzim akan terganggu fungsi kerjanya, tetapi jangan lantas mengkonsumsi dalam jumlah banyak, usahakan seimbang dan secukupnya saja agar didapat hasil yang maksimal.