Tips dan Cara Alami Mencegah atau Mengobati Penyakit Maag

Tips dan Cara Alami Mencegah atau Mengobati Penyakit Maag

Tips dan Cara Alami Mencegah atau Mengobati Penyakit Maag – Penyakit maag merupakan penyakit yang sudah sering sekali kita dengar. Bahkan sudah banyak orang di sekitar kita dan di luar sana yang telah mengidap penyakit maag ini. Maag adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena asam yang ada dilambung berlebihan sehingga menyebabkan dinding lambung iritasi karena tidak kuat menahan asam lambung yang sangat banyak, tetapi jangan lantas mengambil kesimpulan bahwa asam lambung berbahaya, sebenarnya tidak berbahaya jika ada makanan dalam lambung karena fungsi dari zat asam yang terdapat pada lambung adalah untuk mencerna makanan, nah kalau tidak ada makanan dalam lambung apa yang dicerna? dan diding lambung nantinya yang kena.

Salah satu penyebab terjadinya maag adalah karena makan terlambat atau tidak teratur sehingga asam yang diproduksi lambung akan tidak berguna dan akan merusak dinding lambung itu sendiri dan akan terjadi penyakit maag. minum kopi yang terlalu banyak dan belum makan sebelumbya juga dapat menyebabkan penyakit maag timbul. Bakteri juga dapat menyebabkan penyakit maag yaitu bakteri Helicobacter pylori bakteri ini bahkan dapat menyebabkan penyakit maag yang kronis. Tentunya penyakit maag ini menjadi masalah buat anda dan orang-orang di luar sana, bisa dikatakan penyakit ini merupakan masalah yang cukup serius buat anda.

Oleh karena itu, mari kita bahas bersama tentang ciri-ciri penyakit maag dan tips cara mencegah dan mengatasi penyakit maag. Sebelum kita tahu tips cara mencegah dan mengatasi penyakit maag, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu Ciri - Ciri Gejala Penyakit Maag sebagai berikut:
  • Sakit saat buang air besar 
  • Mual dan muntah 
  • Sering merasa lapar 
  • Perut kembung 
  • Nyeri yang luar biasa 
Untuk mengatasi masalah penyakit maag yang anda alami, simak Tips dan Cara Alami Mencegah atau Mengobati Penyakit Maag :


  1. Hindari terlambat makan karena terlambat makan menyebabkan asam yang dihasilkan lambung mengikis dinding lambung sehingga timbullah penyakit maag. Jika anda memang benar-benar sibuk bekerja ataupun sedang perjalanan jauh, sebaiknya anda membawa bekal makanan dari rumah (membawa makanan cadangan).
  2. Jika anda mempunyai sakit maag, kurangi dan hindarilah mengonsumsi jenis makanan yang asam dan pedas karena dapat memicu asam lambung naik.
  3. Jika sebelumnya anda sering menunda makan maka sebaiknya sekarang anda lebih teratur dalam mengkonsumsi makanan, jika tidak maka asam lambung yang sebelumnya digunakan untuk mencerna makanan pada jam-jam tertentu akan tidak berguna dan meningkat sehingga akan menyebabkan iritasi pada lambung. Jadi, jangan suka atau jangan membiasakan menunda waktu makan anda.
  4. Hindari Stress, mungkin kadang banyak orang menganggap stress merupakan masalah yang sepeleh. Padahal stress dapat menimbulkan adanya Infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan maag kronis pada lambung anda.
  5. Saat penyakit maag kambuh, sebaiknya jangan langsung makan dulu, usahakan minum yang hangat sedkit demi sedikit terlebih dahulu, setelah agak baikan baru makan, tetapi jangan banyak-banyak karena lambung juga perlu penyesuaian.
  6. Jika penyakit maag yang anda derita bertambah parah dan tidak kian reda, alangkah baiknya segera periksa kedokter agar segera diobati, jangan menyepelekan penyakit maag.


Semoga artikel Tips dan Cara Alami Mencegah atau Mengobati Penyakit Maag bermanfaat dan membantu mengatasi masalah penyakit maag anda.